Arab Saudi banjir, Begini Mekanisme Kompensasi bagi Korban, Lebih Cepat dari Indonesia?

- Sabtu, 26 November 2022 | 07:37 WIB
Pemerintah akan bantu korban pasca Kota Jeddah Arab Saudi banjir (Saudi Gazzette)
Pemerintah akan bantu korban pasca Kota Jeddah Arab Saudi banjir (Saudi Gazzette)

BanyuwangiPedia.com - Pasca Kota Jeddah, Arab Saudi banjir, pemerintah setempat akan memberikan kompensasi kepada keluarga dan warga korban banjir di daerahnya.

Pemerintah Kota Jeddah telah menghitung jumlah nilai yang akan dibayarkan untuk para korban.

Mekanismenya, hampir sama dengan penanganan bencana lainnya, bahkan mengadopsi mekanisme saat banjir 2009 silam.

"Korban Arab Saudi banjir ini, dapat mengajukan klaim mereka melalui aplikasi tertentu ke pusat krisis dan bencana milik pemerintah. Hal itu digunakan sebagai indikasi awal untuk menilai kerusakan dan mengambil tindakan hukum yang sesuai," kata juru bicara Walikota Jeddah, Muhammad Al-Baqami dilansir Saudi Gazzette.

"Seseorang yang terkena dampak hujan berhak memperoleh ganti rugi melalui polis asuransi jika mencakup pertanggungan menyeluruh atas kerusakan yang disebabkan oleh bencana alam, termasuk hujan, setelah perkaranya didaftarkan oleh pihak yang berwenang," katanya.

Pihaknya menyebut, kompensasi akan ditetapkan oleh komite yang disetujui oleh negara, menurut Pasal 27 Undang-Undang Dasar Pemerintahan. Hal itu mengatur bahwa negara menjamin hak-hak warga negara dan keluarganya dalam keadaan darurat.

Baca Juga: Pasca Halloween, Arab Saudi banjir, Tanda Akhir Zaman Makin Dekat

"Komite akan dibentuk, dipimpin oleh pemerintah wilayah tersebut, untuk menerima permintaan para korban banjir, menilai kerusakan, dan menyerahkannya ke Kementerian Keuangan setelah disahkan oleh otoritas terkait," katanya.

"dari mereka yang terkena dampak, menilai kerusakan, dan menyerahkannya ke Kementerian Keuangan setelah disahkan melalui otoritas terkait," pungkasnya.

Halaman:

Editor: Ahmad Mirza Nareswara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jeddah Arab Saudi banjir, Proyek Drainase Jadi Sorotan

Minggu, 27 November 2022 | 22:40 WIB

Awas! Dua Kota Suci Arab Saudi Banjir Lagi

Minggu, 27 November 2022 | 05:20 WIB
X