• Senin, 28 November 2022

Alasan Gapasdap Banyuwangi Demo, Salah Satunya di PHP

- Jumat, 23 September 2022 | 18:14 WIB
Aksi demo Gapasdap Pusat dan Gapasdap Banyuwangi meminta tarif penyeberangan di Pelabuhan Ketapang - Gilimanuk dinaikkan.  (Lutfia Maeky Permata)
Aksi demo Gapasdap Pusat dan Gapasdap Banyuwangi meminta tarif penyeberangan di Pelabuhan Ketapang - Gilimanuk dinaikkan. (Lutfia Maeky Permata)

BanyuwangiPedia.com - Kabid Usaha dan Pentarifan, DPP Gapasdap Pusat Rachmatika Ardiyanto bersama Gapasdap Banyuwangi melakukan demo ke kantor Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah Ketapang.

Mereka meminta pemerintah segera menaikkan tarif penyeberangan di Pelabuhan Ketapang - Gilimanuk. Alasannya, karena sejak harga BBM naik, operasional meningkat sehingga memberatkan pengusaha kapal.

Sejauh ini, Gapasdap Banyuwangi menyebut, tarif penyeberangan tidak pernah ada kenaikan. Mereka hanya diberikan janji seperti di PHP.

Baca Juga: Gapasdap Banyuwangi Teriak, Rachmatika : Pemerintah Menganaktirikan Tiket Penyeberangan

Apalagi, kata Rachmatika, ketika BBM naik tahun 2017, belum ada kenaikan tarif penyeberangan. Tahun ini juga demikian, tapi jika tarif penyeberangan kembali tidak naik, hasilnya akan semakin berat.

"Kami khawatir operator kapal tak bisa membeli BBM. Apalagi, BBM menjadi komponen utama bagi perusahaan pelayaran," katanya didampingi oleh Ketua DPD Gapasdap Banyuwangi, Putu Gde Widiana. 

Padahal, Rachmatika sebelumnya juga telah berupaya untuk penyesuaian tarif penyeberangan ini. Namun, hasilnya justru seperti janji manis yang tak terwujud.

"Sebelumnya, kami mengajukan permintaan penyesuaian tarif sekitar 35 persen. Sempat ada Keputusan Menteri terkait tarif baru. Tapi, ditarik kembali," ungkapnya. 

Baca Juga: Bandara Banyuwangi Raih Penghargaan Aga Khan for Architecture 2022

Halaman:

Editor: Azizah Maeky Permata

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jeddah Arab Saudi banjir, Proyek Drainase Jadi Sorotan

Minggu, 27 November 2022 | 22:40 WIB

Awas! Dua Kota Suci Arab Saudi Banjir Lagi

Minggu, 27 November 2022 | 05:20 WIB

Jeddah, Arab Saudi Banjir, Dua Orang Tewas

Jumat, 25 November 2022 | 10:24 WIB

Gempa Cianjur 56 SR, Getaran Sampai Jakarta dan Bogor

Senin, 21 November 2022 | 14:20 WIB
X