• Senin, 28 November 2022

KTT G20 di Bali, Banyuwangi Tutup Jalur Tikus ke Bali

- Selasa, 20 September 2022 | 19:55 WIB
Suasana Pelabuhan PT ASDP Indonesia Ferry cabang Ketapang Banyuwangi yang menjadi salah satu titik fokus pengamanan dalam rangka menyambut KTT G20 di Bali.  (Lutfia Maeky Permata)
Suasana Pelabuhan PT ASDP Indonesia Ferry cabang Ketapang Banyuwangi yang menjadi salah satu titik fokus pengamanan dalam rangka menyambut KTT G20 di Bali. (Lutfia Maeky Permata)

BanyuwangiPedia.com - Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Deddy Foury Millewa mengatakan, telah melaksanakan etape-etape kegiatan kesiapan pasukan. Nantinya juga akan dilakukan simulasi-simulasi pengamanan menjelang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali.

Kapolresta Deddy menyebut ada sejumlah titik yang menjadi fokus pengamanan. Di antaranya obyek vital, pelabuhan Tanjungwangi dan Ketapang serta jalur tikus pelabuhan rakyat diperketat.

"Fokus pengamanan kami di Pelabuhan Ketapang dan pelabuhan rakyat, serta Bandara Banyuwangi," kata Kapolresta Deddy, Selasa (20/9/2022).

Kapolresta Deddy menambahkan kepolisian akan mengerahkan 300 personil, serta tambahan satu pleton Brimob dan personel Sabhara dari Polda Jatim. "Satu bulan sebelum pelaksanaan KTT G20 di Bali tambahan personel tersebut akan tiba," katanya.

Sejauh ini, kata Kapolresta Deddy, semuanya tersinergi dan terbentuk dengan baik sehingga pola-pola pengamanan itu bisa dilakukan untuk fokus pada KTT G20 di Bali.

"Termasuk nantinya ada tim Sniper yang disiapkan," pungkas Kapolresta Deddy.

Sementara itu, Dandim 0825 Banyuwangi Letkol Kav Eko Julianto Ramadan, juga telah menyiapkan skenario cadangan apabila terjadi prosedur escape para delegasi. "Pengondisian prosedur escape sudah kami siapkan apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," kata Dandim.

Menurut Dandim, Pelabuhan Ketapang dan Bandara Banyuwangi menjadi obyek vital selama pelaksanaan KTT G20. Nantinya akan disiapkan kendaraan khusus serta pasukan pengamanan. TNI AD menyiapakan satu SSK pasukan dan akan mendapat tambahan bantuan batalyon Jember.

"Untuk tambahan pasukan kami menunggu instruksi dari Kodam Brawijaya dan Mabes TNI," kata Dandim.

Halaman:

Editor: Lutfia Maeky Permata

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jeddah Arab Saudi banjir, Proyek Drainase Jadi Sorotan

Minggu, 27 November 2022 | 22:40 WIB

Awas! Dua Kota Suci Arab Saudi Banjir Lagi

Minggu, 27 November 2022 | 05:20 WIB

Jeddah, Arab Saudi Banjir, Dua Orang Tewas

Jumat, 25 November 2022 | 10:24 WIB

Gempa Cianjur 56 SR, Getaran Sampai Jakarta dan Bogor

Senin, 21 November 2022 | 14:20 WIB
X