• Senin, 26 September 2022

Ayam Pedas Rantinem, Bumbu Ndeso Favorit Banyuwangi

- Jumat, 3 Juni 2022 | 09:13 WIB
ayam pedas rantinem
ayam pedas rantinem

Genteng - Ayam pedas Rantinem selalu memanjakan selera. Datang ke Kecamatan Genteng pasti selalu tergoda dengan pesona rasa ayam pedasnya. Tak ayal, jika warung ini selalu menjadi favorit warga Banyuwangi. Bumbu ala Ndeso yang membuat kangen warga di sekitar pedesaan. Banyak warga diaspora yang sengaja melepas kangen di warung legendaris ini. Maklum, bagi mereka yang kecil di Banyuwangi pasti selalu teringat selera rasanya. Karen, warung ayam pedas ini sudah buka sejak tahun 1970-an. Sejumlah pejabat asli Banyuwangi yang kini tinggal di luar daerah tak mau ketinggalan. Tak terkecuali Abdullah Azwar Anas, Bupati Banyuwangi dua periode yang kini ngantor di Jakarta. Rasa pedas dari masakan ayam yang menggigit selalu menjadi favorit Kang Anas kala sambang ke tanah kelahiran. Tak hanya Anas, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani juga tak mau kalah. Istri dari Abdullah Azwar Anas ini juga kepincut nikmatnya ayam pedas Rantinem. Usut punya usut ternyata, Ipuk kepincut sejak kerap kali diajak sang suami marung (jajan) di tempat ini.
"Jadi di sini tempat membuat Ayam Pedas Rantinem. Saya suka rasanya, pedasnya super, tapi bikin ketagihan dan ingin kembali lagi," kata Ipuk.
Ipuk melihat langsung proses pembuatan, mulai membuat bumbu, membakar ayam, hingga merebus. Dan proses memasaknya masih menggunakan kayu bakar.
"Itu yang bikin khas rasanya. Ayamnya dibakar, juga masaknya masih di tungku kayu bakar. Aroma kayu bakarnya ini yang bikin khas," aku Ipuk.
Bagi yang belum tahu, lokasi warung ayam pedas Rantinem berada di Terminal Genteng, Kecamatan Genteng. Posisinya berada di dalam tapi mudah untuk dicari.
Giyem, pengelola generasi kedua Ayam Pedas Rantinem mengatakan, untuk mempersingkat waktu seluruh pembuatan ayam pedas dilakukan di dapur yang juga kediaman Giyem. Setelah matang baru dikirim ke warung
"Proses pembuatannya di sini. Setelah matang baru di bawa ke sana (warung di terminal Genteng), jadi tinggal disuguhkan," kata Giyem. (ndy)

Editor: Banyuwangi Pedia

Tags

Terkini

Amankan Aset KAI, Polda Jatim Turun Tangan

Sabtu, 24 September 2022 | 11:26 WIB

Alasan Gapasdap Banyuwangi Demo, Salah Satunya di PHP

Jumat, 23 September 2022 | 18:14 WIB

Syarat mudah mendapatkan BSU tahap 2, Nomor 5 kebangetan

Kamis, 22 September 2022 | 17:04 WIB

Sepele, Gangguan Ini Bisa Bikin KTT G20 di Bali Bubar

Kamis, 22 September 2022 | 06:05 WIB

KTT G20 di Bali, Banyuwangi Tutup Jalur Tikus ke Bali

Selasa, 20 September 2022 | 19:55 WIB

Gempa Bali, Warga Banyuwangi Ikut Bergoyang

Senin, 22 Agustus 2022 | 15:51 WIB

Truk Sayur Terguling di Kuburan Glenmore

Senin, 22 Agustus 2022 | 10:44 WIB

Binda Jatim Kerja Keras Booster Warga Banyuwangi

Sabtu, 20 Agustus 2022 | 05:35 WIB

Amerika Dukung Banyuwangi di Bidang Ini

Jumat, 19 Agustus 2022 | 05:13 WIB
X