• Senin, 28 November 2022

Rutinitas Wagini anak genderuwo Alas Purwo, suka menolong orang

- Sabtu, 24 September 2022 | 13:30 WIB
 (Tangkapan layar YouTube/ Gus Idris Official)
(Tangkapan layar YouTube/ Gus Idris Official)

Banyuwangi Pedia - Dicap sebagai anak genderuwo, dari hutan Alas Purwo, Wagini tak pernah murka.

Sosoknya menanggapi dengan tetap tenang dan murah senyum. Bahkan, dia justru kerap menolong orang jika diminta.

Menyandang kesakitan ilmu dari sang bapak, Wagini sering diminta banyak orang yang membutuhkan. Bahkan, pasiennya datang dari seantero negeri ini.

"Ada tamu itu dari Bali, Malang, Kalimantan, Pulau Jawa banyak lah. Mereka yang datang tidak tentu. Ada dua orang, kadang sampai empat orang yang datang," ucapnya.

Baca Juga: Kisah anak Genderuwo Alas Purwo Banyuwangi 'Wagini'

Lalu tugas apa yang kerap diminta orang saat mereka mendatangi kediaman Wagini di Dusun Pondokasem, Desa Kedungsari, Kecamatan Tegaldlimo?

Menurut Wagini, yang dikerjakan itu tergantung keperluan tamu. Mulai dari menjadi pendamping mengantarkan ke Alas Purwo hingga membantu masyarakat yang sedang kesusahan.

"Tamu itu datang karena ada keperluan sendiri-sendiri. Misal keperluan bangun rumah, kalau ada yang ingin ke Alas Purwo ya saya antarkan, mengobati orang juga. Kalau saya bisa bantu ya saya tangani," jelas Wagini.

Kadang, anak genderuwo yang memiliki ciri khas berambut gondrong ini mengaku bingung. Kebingungan itu lantaran dirinya heran banyak sekali orang yang datang dan tau tentang sosoknya.

Halaman:

Editor: Lutfia Maeky Permata

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X