Ini Kumpulan Para Pemuda Cyber Security, Mereka Berkompetisi di Banyuwangi

- Senin, 28 November 2022 | 08:18 WIB
Pemuda Cyber security saat Hacking Day Competition di Banyuwangi
Pemuda Cyber security saat Hacking Day Competition di Banyuwangi

BanyuwangiPedia.com - Hacking Day Competition 2022 kembali hadir di Banyuwangi sebagai wadah para pemuda di Bidang Cyber ​​Security.

Ini merupakan kompetisi yang ketiga kali digelar untuk menggabungkan skill cyber para pemuda

Penggagasnya Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfo) Banyuwangi dan Komunitas Malang Hacker Link tersebut, dan sekitar 49 siswa SMA/SMK se-Banyuwangi menjadi pesertanya.

“Kami terus menggeber kegiatan yang melibatkan anak muda di sektor teknologi digital. Sebelumnya ada Jagoan Digital, kami juga menggelar Hackaton. Ini bagian dari membentuk komunitas digital di Banyuwangi,” kata Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani.

Capture The Flag (CTF) dengan tipe Jeopardy menjadi tema dalam kompetisi ini. Mereka akan bergabung dalam tim yang beranggotakan tiga orang.

Kepala Diskominfo Banyuwangi Budi Santoso mengatakan, di era digital seperti sekarang ini ancaman siber ini menjadi tantangan tersendiri. “Maka talenta cyber security sangat diperlukan untuk meningkatkan keamanan siber,” kata Budi.

Baca Juga: Sulap! Cara Membuat Puding Mangga sebagai Ide Jualan Kue Ulang Tahun

Di babak penyisihan, setiap tim diharuskan menyelesaikan 20 soal yang sudah disiapkan melalui link. Dua puluh soal tersebut kalah dalam 5 kategori, yakni forensic, reverse engineering, binary exploit, web vulnerable, dan lain-lain.

"Kami sediakan soal level easy dan medium pada tahap kualifikasi, sementara di final juga akan ada soal dengan level hard. Kami ingin melihat teknik mereka melakukan crack pada program, men-take over suatu service yang berjalan, mengeksploitasi web, hingga melakukan forensik digital," kata Budi.

Halaman:

Editor: Ahmad Mirza Nareswara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kolaborasi Banyuwangi dan InSWA, Solusi Atasi Sampah?

Selasa, 20 Desember 2022 | 13:39 WIB
X