Cerita Rakyat, Legenda Tari Jakripah dan Nenek Moyang Suku Osing Banyuwangi

- Jumat, 25 November 2022 | 08:27 WIB

BanyuwangiPedia.com - Cerita Rakyat Banyuwangi banyak mengandung kisah mendalam dalam kehidupan warganya sebagai Suku Osing.

Cerita Rakyat itu juga erat kaitannya dengan nenek moyang Suku Osing Banyuwangi yang hingga kini masih lestari.

Bahkan, menjadi adat dan budaya warga yang acap kali tak dapat ditinggalkan sebagai simbol peninggalan leluhur yang wajib di uri-uri agar lestari.

Salah satunya adalah cerita tentang Tari Jakripah. Tamilnya Tari Jakripah dengan properti utama Barong Banyuwangi adalah kisah yang melegenda di kalangan masyarakat.

Aekanu Hariyono penutur di Sanggar Genjah Arum dari Kiling Osing Banyuwangi bercerita mengenai seputaran pementasan Tari Jakripah tersebut.

Kata-katanya lembut namun tajam berkisah mengenai satu penampilan yang tak pernah dilupakan sebagai bagian sejarah kawasan masyrakat Suku Osing.

Baca Juga: Saat Menteri PAN RB Mengajak Belajar Budaya, Sanggar Genjah Arum Tempatnya

"Jakripah gadis cantik dan sakti kehilangan hewan piaraannya berupa barong yang diberi nama Barong Sinar Udara. Ia mencari ke mana-mana. Dalam perjalanan ia bertemu Tambur, Layar, Kemudi. Disusul kemudian datanglah pemuda tampan bernama Paman Iris di antara mereka.
Kepada mereka Jakripah berjanji siapapun yang bisa menemukan barongnya, ia bersedia menjadi istrinya," ucap Aekanu Hariyono.

Aekanu Hariyono menuturkan, dalam kisah tarian Jakripah jika Paman Iris yang sakti itu ternyata bisa menemukan Barong Sinar Udara. Namun apa yang terjadi?

Halaman:

Editor: Lutfia Maeky Permata

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kolaborasi Banyuwangi dan InSWA, Solusi Atasi Sampah?

Selasa, 20 Desember 2022 | 13:39 WIB
X