Cerita rakyat asal usul Banyuwangi, ada dendam kesumat keturunan Kerajaan Klungkung, bagian 3

- Kamis, 10 November 2022 | 11:05 WIB
Cerita rakyat asal usul Banyuwangi tak terlepas dari kisah cinta keturunan Kerajaan Klungkung (Ahmad Mirza Nareswara/BP)
Cerita rakyat asal usul Banyuwangi tak terlepas dari kisah cinta keturunan Kerajaan Klungkung (Ahmad Mirza Nareswara/BP)

BanyuwangiPedia.com - Cerita rakyat asal usul Banyuwangi tak ubahnya sebuah legenda yang darah mendaging di antara para warga.

Hidup berdampingan guyub rukun, menjadi cerita sehari-hari di tengah masyarakat.

Ada rasa cinta yang dalam di hati setiap warga yang turut bersama bercengkrama satu sama lainnya.

Mereka kadang tak pernah berfikir atau bahkan sedikit melupakan cerita rakyat asal usul Banyuwangi sebagai daerah yang ditinggali kini.

Perjalanan waktu, cerita rakyat asal usul Banyuwangi menjadi pemanis dalam setiap kesempatan, di tengah tingginya orang datang ke kabupaten ujung timur Pulau Jawa.

Ada banyak cerita dan berbagai versi yang berbeda mengatakan tentang Banyuwangi dan Kerajaan Blambangan.

Tapi ada satu benang merah yang menjadi penyatu yakni adanya pengkhianatan, fitnah cinta paling kejam dalam sebuah hubungan suci.

Ada cerita, Raja Blambangan kala itu bernama Sula Hadikrama, dan memiliki Patih Raden Sidopekso yang beristri Sritanjung.

Tapi dari cerita lain, Raja Blambangan adalah Prabu Menak Prakoso, memiliki anak bernama Raden Banterang yang beristri Putri Surati dari keturunan Kerajaan Klungkung.

Halaman:

Editor: Ahmad Mirza Nareswara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kolaborasi Banyuwangi dan InSWA, Solusi Atasi Sampah?

Selasa, 20 Desember 2022 | 13:39 WIB
X