Begini penampakan pupuk bersubsidi palsu di Banyuwangi, hasilnya bikin kesel

- Sabtu, 1 Oktober 2022 | 04:54 WIB
Tata kelola dan distribusi pupuk bersubsidi oleh Kementan dinilai berpotensi korupsi. (Ilustrasi/Antony Trivet/Pexels)
Tata kelola dan distribusi pupuk bersubsidi oleh Kementan dinilai berpotensi korupsi. (Ilustrasi/Antony Trivet/Pexels)

BanyuwangiPedia.com - Kabar pupuk bersubsidi palsu di Banyuwangi kian santer di wilayah selatan. Banyak petani dan warga tertipu oleh ulah oknum tak dikenal yang menjual pupuk tersebut.

Sepintas, pupuk bersubsidi palsu itu memang seperti sama. Namun, dalam pembuktian ternyata hasilnya jelas berbeda.

"Kalau dilihat langsung, dipegang nggak ada bedanya yang asli dengan pupuk bersubsidi palsu ini," ungkap ST salah seorang petani di Desa Seneporejo, Kecamatan Siliragung.

Penampakan pupuk bersubsidi palsu itu baru terlihat saat digunakan. ST sempat membuktikan pupuk tersebut dengan pupuk bersubsidi yang asli.

Baca Juga: Beredar kabar pupuk bersubsidi palsu di Banyuwangi, ditanya penjualnya kabur

"Saya ambil sampel satu genggam pupuk bersubsidi jenis NPK dengan pupuk palsu itu. Saya rendam satu malam. Yang asli itu dingin, tapi palsu tidak. Setelah dua malam, NPK asli butirannya hancur, tapi yang palsu masih ada yang utuh," katanya.

Anehnya lagi, saat mengetahui pupuk bersubsidi itu tidak asli, ST membuangnya di pekarangan. Sisanya disiram ke tanaman cabe rawit miliknya. Hasilnya bikin kesel, justru tanamannya mati semua.

"Pertama itu, layu, kemudian menguning, rontok, kering dan mati. Itu tambah yakin kalau pupuk bersubsidi itu palsu," terangnya.

Sebelumnya, di wilayah selatan Banyuwangi marak beredar kabar pupuk bersubsidi di jual bebas. Penjualnya dengan cara random alias keliling dari kampung ke kampung.

Halaman:

Editor: Lutfia Maeky Permata

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kolaborasi Banyuwangi dan InSWA, Solusi Atasi Sampah?

Selasa, 20 Desember 2022 | 13:39 WIB
X