• Senin, 28 November 2022

UNESCO Sahkan Geopark Ijen Untungkan Banyuwangi

- Senin, 19 September 2022 | 12:31 WIB
Pemandangan indah keldera hijau bersama kepulan asap belerang di puncak Gunung Kawah Ijen Banyuwangi yang segera menjadi geopark baru.
Pemandangan indah keldera hijau bersama kepulan asap belerang di puncak Gunung Kawah Ijen Banyuwangi yang segera menjadi geopark baru.

BanyuwangiPedia.com - Dewan UNESCO Global Geopark (UGG) resmi mengusulkan Ijen sebagai geopark baru. Geopark Ijen menjadi salah satu dari 7 geopark yang telah diusulkan.

Sejumlah situs geopark lain yang diusulkan di antaranya, Aras (Iran), Waitaki Whitestone (Selandia Baru), Kinabalu (Malaysia), Ijen dan Maros Pangkep (Indonesia). Lalu ada Khorat (Thailand), Bohol (Filipina).

Jika UNESCO sahkan menjadi Geopark Ijen, sejumlah keuntungan menanti bagi daerah. Termasuk keuntungan bagi Kabupaten Banyuwangi

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menyatakan dengan telah diusulkan Ijen menjadi geopark baru ini merupakan sebuah capaian besar. Namun demikian, capaian itu hendaknya jangan membuat larut dalam euforia kesenangan.

Akan tetapi, Ipuk mengajak semua pihak untuk segera membenahi hal-hal yang masih kurang, agar predikat UGG dapat segera disandang oleh Geopark Ijen.

"Kami akan duduk bersama untuk menjalankan sejumlah rekomendasi dari tim asesor UNESCO yang perlu ditindaklanjuti," kata Ipuk, Senin (19/9/2022).

Ipuk menyebut, nantinya jika kawasan Ijen menjadi geopark baru akan memberi dampak positif bagi daerah. Lebih dari itu, dampak lainnya kepada masyarakat juga akan lebih besar.

"Dengan statusnya sebagai jaringan global geopark ke depan, tentunya akan menjadikan Geopark Ijen sebagai tujuan wisata dunia dan akan mendapatkan perhatian yang lebih besar, baik sektor pariwisatanya maupun upaya pemberdayaan masyarakatnya," pungkas Ipuk.

Sidang usualan pengesahan geopark baru itu berlangsung di Provinsi Satun, Thailand pada 4 - 5 September 2022. Geopark Ijen masuk di dalamnya sebagai bagian pengajuan geopark baru termasuk 28 validasi ulang dari UGG.

Halaman:

Editor: Lutfia Maeky Permata

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lagu Banyuwangi Suliana Paling Hits sepanjang masa

Minggu, 13 November 2022 | 12:12 WIB
X